Apresiasi Bupati Satono, Anwari Bangga Seluruh Desa Capai Status Mandiri dan Maju

Sebarkan:


Ninemedia.id, Sambas
- Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas, Anwari, S.Sos., M.A.P., mengapresiasi atas penghargaan yang telah diraih Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

"Saya apresiasi dan selamat telah meraih Penghargaan Madya Atas Komitmen dan Kerja Keras dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Desa Sehingga Seluruh Desa di Kabupaten Sambas Mencapai Status Mandiri dan Maju kepada Bupati Sambas Pak Satono," ucap Anwari. Kamis, (8/8/2024). 

Penyerahan Penghargaan tersebut diserahkan Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia Sugito kepada Bupati Sambas yang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Septiza, S.T., M.Kes.

Anwari bangga karena desa di Kabupaten Sambas tidak ada lagi yang berstatus sebagai desa tertinggal. 

"95 desa yang ada di Kabupaten Sambas sudah berstatus desa maju dan mandiri. Tentu ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sambas," tuturnya.

Untuk bisa berstatus maju maupun mandiri, terdapat beberapa indikator yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah Indeks Desa Membangun. 

[cut]

"Saya tahu betul untuk mencapai ditirik ini tidaklah mudah. Tetapi berkat kerja sama dan kolaborasi semua pihak terkait Kabupaten Sambas bisa meraih penghargaan ini," ujarnya. 

Pencapaian status desa mandiri dan desa maju mengalami peningkatan secara secara signifikan, melampaui pencapaian tahun 2023 sebanyak 95 desa dengan realisasi sebanyak 168 desa dan terakhir pada tahun ini capaian Desa Mandiri jadi total 195 desa, kemudian Kabupaten Sambas meraih Desa Mandiri sebanyak 189 desa yang terakhir tahun 2023. 

Disamping itu, peran dari seluruh Kepala Desa hingga perangkat di bawahnya patut juga diapresiasi, sehingga pembangunan sumber daya manusia maupun segala fasilitas, sarana prasarana maupun infrastruktur di masing-masing desanya, bisa berlangsung secara berkelanjutan. (Adv) 

 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini